Jalan – Jalan ke candi di sekitaran Jogjakarta

Jarang sekali saya bangun sangat pagi tapi entah mengapa pada pagi ini saya sudah sadar dari tidur saat jam 04:30 WIB mungkin karena memang sudah diniatkan dari awal, sejenak saya membuka tirai penginapan berharap pada pagi ini sang surya memancarkan sinarnya di balik awan tipis langit Jogja tapi pagi ini tidak berpihak pada saya walaupun dalam hati masih berharap pagi ini saya mendapat cuaca yang cerah agar hasil photo saya lebih maksimal, setelah mandi saya mengambil jatah sarapan di penginapan sayang jika tidak dimamfaatkan lumayan juga bisa berhemat tidak sarapan di luar, jam setengah tujuh pesan whatshap masuk ke handphone saya ternyata dari driver salah satu tempat penyewaan mobil di jogja saya memang telah memesan mobil untuk melakukan perjalanan hari ini di Jogja selain tidak hapal seluk beluk jalanan menyewa mobil lengkap dengan driver juga membuat saya lebih leluasa dalam perjalanan kosekuensi memang harus mengeluarkan biaya lebih.

Setelah menyiapkan peralatan photo kami bergerak dari penginapan tujuan awal pada hari pertama saya di jogja adalah candi Borobudur suasana jalanan masih terlihat lancar menurut driver saat menjelang siang jalanan akan mulai macet selain moment liburan ini juga saat puncak arus balik lebaran perjalanan dari kota jogja ke candi Borobudur waktu normal 1,5 jam bisa menjadi lebih jika jalanan macet, sampai di candi saya turun di pintu depan sementara driver menuju tempat parkir karena suasana rame sulit mencari posisi parkir, saya bergegas menuju loket pembelian tiket harga tiket ke candi Borobudur IDR. 50,000,- berbeda dengan hari biasa harga tiket IDR.40,000’- dari pintu masuk pengunjung harus berjalan kaki kearah candi di areal pagar candi kendaraan dilarang untuk masuk dari kejauhan terlihat bangunan candi Borobudur berdiri dengan kokoh karena suasana liburan jumlah pengunjung sangat ramai saya sarankan berkujung kesini di hari biasa agar tidak berdesak –desakan dengan pengunjung lain, sebenarnya saya sedikit kecewa selain faktor cuaca jumlah pengunjung yang cukup ramai saya tidak bisa mendapatkan hasil photo yang memuaskan saya harus mencari lokasi sepi dan sebagian photo yang saya ambil hanya bagian atas stupa candi karena terlalu banyak pengunjung yang berjalan dan malah ada yang duduk di bawah stupa sambil tidur – tiduran tapi ya sudah terlanjur saya harus tetap memotret dan mengabadikan kunjungan kesini hapir dua jam saya memutari candi Borobudur mengabadikan ornament  candi seperti stupa dengan ukuran raksasa serta beberapa patung budha pada baguan atas candi setiap patung budha yang ada di Borobudur mempunyai makna .

1. Patung budha yang menghadap keutara dhany budha Amoghasisy ( dengan sikap telapak tangan menghadap kedepan yang menandakan menolak bahaya .
  2. Patung budha yang menghadap keselatan Dhany budha ratnashambawa dengn sikap tangan wara mudhra yang melambangkan pemberian amal, sedekah dan anugrah
  3. Patung budha menghadap ke timur dikenal dengan Dhany budha Akshobia dengan sikap tangan mengambang yang melambangkan sang budha memangil dewi bumi untuk sebagai saksi dia mengikis serangan iblis.
  4. Patung budha menghadap ke barat dikenal dengan Amithaba sikap tangan yang sedang bermeditasi atau mengheningkan cipta
  5. Dan terdapat satu patung budha di tengah yang dikenal dengan Dhny budha wairochana dengan sikap Dharma cakra – mudra dengan sikp memutar roda dharma di candi Borobudur.

Selain itu di candi Borobudur terdapat relief di dinding candi di setiap teras anda bisa memutari setiap teras candi untuk melihat keajaiban hasil karya masa lalu yang tidak terfikirkan oleh kita bagaimana proses pembuatan candi satu ini.

Setelah kecandi borobudur rencana saya selanjutnya adalah menyusuri tour di marapi tapi saat saya melihat langit ini bukan waktu yang tepat awan putih tebal menutup pemandangan di marapi saya mengubah rute ke prambanan tapi driver menyarankan kami melewati jalur kearah merapi untuk menyaksikan atraksi mobil – mobil jeep sewaan beratraksi di salah satu sungai di jembatan si driver menyarakan untuk berhenti sejenak saya tidak mau melewati moment ini dan mengabadikan dengan kamera saya tentu dengan mengunakan lensa tele karena saya hanya berdiri di beton jembatan di atas jalan setelah menyaksikan atraksi ini perjalan di lanjutkan ke candi prambanan.

photo Marapi lava tours

Pada pukul 14.00 Wib saya sampai di prambanan perjalanan dari Borobudur ke prambanan penuh drama karena harus beberapa kali memutar arah sebab banyak jalan yang direkayasa jalurnya mungkin untuk menghindari macet karena lalu lintas cukup padat. Sebelumnya saya pernah ke prambanan tapi kali ini saya masuk dari pintu yang berbeda alasanya lebih dekat dan tidak harus berputar arah ke rute perjalanan selanjutnya setidaknya begitu kata driver saya, saya sebagai penumpang tinggal mengiyakan toh saya tidak tau jalan di jogja. Sebelum masuk ke candi saya membeli tiket dengan harga IDR.40,000 – kondisi di Prambanan tidak seramai Borobudur tapi ini cukup padat di bandingkan hari biasanya candi prambanan terdiri dari beberapa bangunan candi yang berada dalam satu komplek percandian lokasi candi prambanan berjarak 17 km arah timur kota Jogjakarta di komplek candi prambanan terdapat beberapa bangunan candi yang berdiri kokoh sampai saat ini seperti candi siwa candi ini diberi nama siwa karena di dalamnya terdapat Arca siwa mahadewa yang merupaka area terbesar didalam candi terdapat empat ruangan dari segala arah mata angindan mengelilingi ruangan terbesar di tengah selain itu terdapat beberapa bangunan candi lainya, saya masih berfikir bangaimana proses pembuatan candi ini pada masanya dengan teknologi yang belum modern seperti sekarang bangunan candi kokoh dengan susunan batu rapi dan ukiran yang unik membuat candi prambanan menjadi tempat yang harus anda kunjungi saat ke Jogjakarta, suasana di sini cukup ramai pada saat saya berkunjung dan tetap kesulitan tersendiri bagi saya untuk mengabadikan photo yang bagus , waktu berkunjung di candi prambanan biasanya di batasi sampai jam 18.00 WIB dan biasanya saat waktu berkunjung habis loket tidak akan melayani penjualan tiket dan akan nada pengumuman dari petugas, candi prambanan juga spot yang menarik untuk mengabadikan sunset jika akan hunting sunset saya sarankan kesini pada sore hari.

Prambanan.

Setelah mengunjungi prambanan saya berniat ke candi ratu boko candi boko tidak begitu jauh dari prambanan dengan jarak tempuh 15 menit dari prambanan jika tidak terkendala macet, lokasi candi boko berada pada puncak bukit sehingga lebih cocok sebagai tempat menunggu sunset harga tiket masuk sama dengan candi prambanan, tapi saat saya berkunjung kemaren sedikit kecewa karena niat untuk mengabadikan sunset di sini terhalang oleh acara pertunjukan tarian pas di depan bangunan candi, dan saya sempat bertemu dengan beberapa photographer yang akan memotret sunset tapi sepertinya ini bukan waktu yang tepat, saya sempat melihat beberapa photo teman – teman di instagram posisi matahari terbenam di boko sangat indah jika beruntung dan saya tidak beruntung,

Menurut legenda candi ratu boko pada abad pertengahan abad 9 masehi sebagai benteng pertahanan stategis, menurut legenda disini lah letak istana ratu boko ayah loro jongrang, terdapat satu gerbang bangunan utama di sini sisanya adalah reruntuhan bangunan seperti benteng pertahanan.

Photo : Candi ratu boko

Jika anda akan mengunjungi beberapa candid an tempat wisata di jogja sebaiknya membawa kendaraan pribadi atau menyewa mobil di kota Jogjakarta lengkap dengan driver harga sewa bervariasi sekitr IDR.500,000- sampai dengan IDR.600.000- saat berkujung ke candi pihak pengelola melarang pengunjung mengoperasikan drone dan aturan ini tertulis jelas di pintu masuk dan di beberapa sudut candi.

Please follow and like us:

Hits: 59

admin

terima kasih telah berkunjung. saya menyukai dunia petualangan seperti mendaki gunung dan kegiatan adventure lainya saat ini saya  berdmomisili d kota Jambi, melakukan perjalanan adalah salah satu cara mensukuri ciptaan tuhan dan berinteraksi dengan banyak orang, setiap perjalanan harus diceritakan kepada orang lain dengan media yang tepat salah satunya adalah photo dan catatan infromasi yang di bagikan melalui website ini dan media sosial lainya, anda bisa melihat hasil jepretan saya di: Instagram@dhe_jhe_ckm Phone/wa : 081368236354