Tekuluk simbol kecantikan dan budaya perempuan Jambi

Mempertahankan budaya lokal menjadi tantangan tersendiri pada massa ini, banyaknya budaya yang masuk ke Indonesia secara tidak langsung mengeser budaya tradisional yang ada  terutama pada generasi muda, mudahnya informasi yang diperoleh pada massa global jika tidak dimamfaatkan secara bijaksana akan menyebabkan hilangnya Budaya Lokal di berbagai daerah yang menjadi ciri khas Bangsa yang kaya akan budaya seperti di Indonesia.

Budaya yang beragam seperti tarian daerah maupun pakaian tradisonal sudah menjadi hal yang tidak begitu menarik untuk menjadi gaya hidup generasi muda, sehingga budayawan dan kelompok yang masih peduli berupaya keras untuk mempertahankan budaya Indonesia ini supaya tidak hilang di telan zaman.

 

Di Jambi sendiri budaya berpakaian perempuan menjadi ciri khas dari masa kemasa. Tekuluk jambi salah satunya yang menjadi merupakan simbol budaya dan kecantikan bagi perempuan dalam kehidupan sehari – hari, Tekuluk adalah kain panjang yang digunakan untuk menutupi kepala perempuan mengantikan jilbab ada beberapa sebutan di Jambi Tengkuluk dan Tekuluk tapi mempunyai makna yang sama, sebagian besar tekuluk mengunakan motif Batik tapi di beberapa daerah juga ada yang bercorak lain, dalam pengunaan tekuluk sendiri tidak bisa sembarangan karena akan menjadi persepsi lain bagi orang yang memandang. Seperti pengunaan tekuluk untuk wanita yang sudah bersuami pemakaian tekuluk harus menjuntai kearah kanan sedangkan untuk yang belum menikah tekuluk menjuntai kesebelah kiri.

Seiring dengan berkembangnya pengunaan batik Jambi pemakaian tekuluk tidak hanya dipadukan dengan pengunaan baju kurung saja tapi bisa dipadukan dengan pakaian lainya untuk dalam kegiatan formal dan non formal yang bisa menambah kecantikan bagi siapa yang memandang, sementara untuk mengikatkan tengkuluk di kepala tidak mengunakan pengikat atau peniti tetapi hanya mengunakan kain dari tekuluk itu sendiri yang di ikat sehingga di perlukan ketrampilan khusus  agar terkesan rapi.

   

Untuk tetap melestarikan Budaya ini pemerintahan daerah dan beberapa budayawan Jambi selalu rutin mengadakan pameran pada setiap event di tingkat Provinsi dan juga menjadi pakaian wajib perempuan di berbagai instansi Pemerintah di hari Jum,at.

Please follow and like us:

Hits: 41

admin

terima kasih telah berkunjung. saya menyukai dunia petualangan seperti mendaki gunung dan kegiatan adventure lainya saat ini saya  berdmomisili d kota Jambi, melakukan perjalanan adalah salah satu cara mensukuri ciptaan tuhan dan berinteraksi dengan banyak orang, setiap perjalanan harus diceritakan kepada orang lain dengan media yang tepat salah satunya adalah photo dan catatan infromasi yang di bagikan melalui website ini dan media sosial lainya, anda bisa melihat hasil jepretan saya di: Instagram@dhe_jhe_ckm Phone/wa : 081368236354